Senin, 05 Juni 2017

Cara Membuat Wildcard Domain/Subdomain di cPanel

Membuat wildcard domain atau subdomain di cPanel yang bertujuan untuk membuat domain kalian bisa diakses dengan multi subdomain. Misalnya domain.com bisa diakses dengan menggunakan aku.domain.com / m.domain.com dan masih banyak lagi.

wildcard domain

Bagi kalian pemilik sebuah website atau situs mungkin banyak yang belum tau apa sih wildcard di cPanel. Wildcard domain / dns setau saya, subdomain yang dibuat untuk mengarah ke web directory tertentu. Kalo lebih gampangnya menurut artian saya sendiri, wildcard domain sama dengan membuat subdomain dari domain unlimited tanpa perlu mendaftarkannya. Keunggulannya cuma satu aja sih, yaitu domain utama kita bebas diakses dengan nama subdomain apa saja jika file directorynya diarahkan ke folder public_html. Dan kalian juga bebas mengirimkannya situs ke webmaster google dengan bermacam-macam subdomain untuk keperluan pengindexan.

Mengaktifkan wildcard domain di cPanel juga gampang kok, asal hosting kalian memberikan fitur akses untuk Simple DNS Zone Editor. Selain ke folder public_html kalian bisa mengarahkan atau membuat folder lainnya, sama seperti membuat subdomain pada umumnya.

Cara Membuat Wildcard Domain/Subdomain di cPanel

Pertama, silahkan login ke cPanel. langsung menuju ke menu Subdomain, buatlah subdomain terlebih dahulu, isi kolom subdomain dengan (*) tanpa tanda kurung dan pada directory isi saja public_html / folder apa saja yang diinginkan. Jika sudah, silahkan kembali ke Home.

Baca Juga : Cara Mengatasi cPanel Tidak Support Script SoundCloud

Langkah selanjutnya, buka menu Simple DNS Zone Editor, lanjut dengan mengisi kolom Add an A Record
  • Pada kolom yang tersedia di bagian Name isi dengan (*) tanpa tanda kurung.
  • Pada kolom Address isi dengan IP server cPanel atau Hosting kalian.

DNS Editor

Seperti gambar di atas, perhatikan yang saya beri kotak biru. Setelah selesai klik Add an A Record.
Maka otomatis domain utama kalian sudah bisa diakses dengan sembarang subdomain. Misal domain kalian adalah (anabebek.com) maka kalian bebas mengakses dengan menggunakan subdomain apa saja (m.anakbebek.com, namakamu.anakbebek.com, cicak.anakbebek.com, dll)
Intinya Cara Membuat Wildcard Domain di cPanel ya seperti itu, entah mau kalian gunakan untuk tujuan apa saja.

Saya rasa itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan atau ada yang sulit untuk dipahami. Jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar dan share ya.

0 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan BAIK dan Relefan :)
Dilarang komentar SPAM Link!