Rabu, 16 Agustus 2017

Cara Mengatasi Blog / Website Terkena Deindex Google

Cara mudah mengatasi Blog dan Website terkena deindex mesin pencarian Google, yang dampaknya sangat buruk bagi blog yang kita miliki. Salah satunya adalah hilangnya visitor yang biasa bersliweran atau mondar-mandir di blog.

Google Deindex
Image by Google

Tentu bagi kita terkena deindex merupakan hal terburuk, karena apa? karena situs / website kita tidak tampil di pencarian google alias menghilang, walaupun di cek menggunakan site:www.domain.com tetap saja tidak akan tampil.

Kenapa bisa seperti itu?


Deindex yang terjadi pada blog atau website biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yakni :

  • Konten atau isi blog / website terdeteksi sebagai SPAM oleh Google, berisi konten yang sifatnya merugikan orang lain.
  • Penggunaan Backlink yang berlebihan.
  • Konten blog 100% Copas.
  • Fake link, seperti link download palsu yang berisi iklan.
Nah dari beberapa faktor di atas, mungkin kita bisa introspeksi diri jika terkena deindex. Bisa saja website / blog kita mengandung beberapa unsur di atas yang menyebabkan mbah Google marah dan menyingkirkan website kita dari mesin pencarinya. Dan bisa jadi, masih banyak faktor lagi yang belum saya tulis karena yang saya tau cuma itu aja.

Bagaimana Cara Mengatasi Deindex Google?

Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa kalian coba.
  1. Usaha dan berdo'a.
  2. Introspeksi diri, periksa seluruh isi / konten pada website kalian. Jika dirasa ada yang berbau konten yang termasuk dalam faktor deindex silahkan dihapus / diganti.
  3. Berhenti menggunakan bakclink yang berlebihan, kurang lebih selama 1-2 bulan lah.
  4. Jangan pernah memasang fake link download, yang merugikan visitor. Karena itulah google menganggap website kita berisi konten yang sifatnya menipu dan merugikan visitor.
  5. Pastikan blog / website sudah verifikasi di webmaster.
  6. Login ke Google webmaster, pilih menu Tindakan Manual, cek pada lalu lintas penelusuran. Apabila terdapat pesan spam, silahkan ajukan permintaan pertimbangan ulang dengan mengikuti langkah-langkah google webmaster.
    Untuk contoh isi pesan permintaan pertimbangan ulang sebagai berikut:
    "Hi pak, saya sudah memperbaiki semua kesalahan yang terjadi pada situs / blog saya dan sudah menghapus / memperbaiki beberapa konten yang saya miliki. Saya berharap situs saya bisa kembali muncul di pencarian seperti semula. Terima kasih"
Jika sudah melakukan 6 hal di atas, silahkan tunggu kurang lebih 2 hari sampai 1 mingguan untuk mendapatkan balasan dan kepastian dari pihak mbah google. Isi pesan bisa kalian terjemahkan ke bahasa inggris, malah lebih baik.

Kalau pengajuan sudah berhasil dan disetujui maka kalian akan mendapatkan email seperti di bawah ini.
pengajuan banding deindex
Pada email tersebut memberitahukan bahwa situs kita sudah berhasil ditinjau ulang dan berhasil disetujui kembali muncul di mesin pencarian Google. Buat kalian yang terkena deindex, jangan patah semangat teruslah berusaha. Saya tidak menjamin dengan cara di atas 100% akan berhasil, tapi cara itulah yang pernah saya coba disaat terkena deindex pada waktu itu, cyieelaah waktu itu haha. Dan alhamduillah berhasil kok.

Intinya, suguhkanlah konten-konten yang menarik dan berkwalitas yang menguntungkan bagi pengunjung kita. Tetap semangat nge-blog, jangan putus asa ya teman-teman dan terus berdo'a agar diberikan kelancaran dalam berusaha dan berkreasi menyuguhkan konten-konten yang baik.

Sekian dulu artikel dari saya, semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman semua. Apabila ada yang perlu ditanyakan silahkan berkomentar. 

0 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan BAIK dan Relefan :)
Dilarang komentar SPAM Link!